Penyebab Kucing Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya


Penyebab Kucing Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Kucing yang memiliki gangguan pada pernafasan (sesak) dapat menimbulkan kepanikan bagi para pecinta kucing. Ada banyak hal yang dapat menimbulkan masalah pernafasan pada kucing dan tentunya keadaan itu bisa bertambah parah dari waktu ke waktu.

Jika kucing peliharaan Anda dirumah mengalami masalah pada pernapasan, maka hal yang harus anda lakukan adalah segera menemui dokter spesialis hewan untuk menentukan penyebab timbulnya sesak nafas pada kucing Anda sehingga secepat mungkin dapat diobati atau diberikan obat yang cocok.

Penyebab Kucing Sesak Nafas

Ada banyak sekali hal yang bisa menyebabakan kucing Anda kesulitan bernapas sehingga bakal terlihat bernapas melalui mulut. Kucing yang bernafas lewat mulut tidak boleh Anda sepelekan, karena itu sudah pasti merupakan pertanda bahwa kucing sedang sakit. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan kucing mengalami sesak nafas, seperti:

  • Over Heat: Saat cuaca terlalu panas, kucing akan kesulitan untuk mengatur temperatur tubuhnya sehingga menyebabkan kucing demam. Kucing akan terlihat sesak dan harus bernapas lewat mulut supaya bisa mendapatkan udara lebih banyak sehingga dapat menetralisir suhu tubuhnya. Cara mengatasi kucing sesak nafas akibat overheat dapat dilakukan dengan membawa kucing ke tempat yang teduh dan berikan tambahan oksigen, karena kucing membutuhkan pertolongan secepat mungkin.
  • Asma: Peradangan yang terjadi pada saluran menuju paru paru dapat menyebabkan penyakit asma pada kucing yang biasa ditandai dengan suara mengi atau suara yang muncul akibat penyempitan saluran pernafasan. Ciri-cirinya adalah kucing mengalami stres, batuk serta sering membuka mulut untuk membantu pernapasannya. Kucing biasanya terlihat memanjangkan lehernya dan membungkukkan bahu untuk melonggarkan saluran udara. Sedangkan jika dalam tahap kritis, lidah dan bibir kucing dapat berubah warna menjadi biru akibat kekurangan oksigen. Penyebab asma pada kucing dapat terjadi karena obesitas, stres, parasit serta kondis gangguan pada jantung.

Cara Mengatasi Kucing Sesak Nafas

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nafas kucing ngos-ngosan. Cara ini bisa Anda lakukan dirumah dan juga sangat mudah untuk dipraktekkan.

  1. Membersihkan Hidung Kucing

    Kucing yang kesulitan bernafas bisa disebabkan karena hidung kotor atau tersumbat. Untuk membersihkannya, basahi kapas dengan air lalu bersihkan bagian hidungnya. Tapi jika kucing dalam kondisi pilek parah, maka anda wajib membersihkan hidung kucing sesering mungkin supaya kucing merasa lebih nyaman dan tidak sesak. Jangan lupa berikan juga vitamin pada kucing anda yang sedang sakit.

  2. Lakukan Terapi Uap

    Uap hangat dan lembab dapat membantu kucing untuk bernafas lebih legah, sekaligus mampu mencairkan lendir serta membuat kucing lebih mudah bersin dan juga baik untuk mengobati kucing yang sedang flu. Anda dapat menggunakan ruangan yang beruap untuk membersihkan saluran pernafasan pada kucing. Caranya sebagai berikut:

    • Bawa kucing Anda ke kamar mandi dan tutup pintu.
    • Nyalakan air panas dari keran lalu tarik tirai mandi untuk menghindari kucing dari air panas secara langsung.
    • Duduk bersama kucing Anda selama 10 menit. Ulangi cara ini 2 hingga 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Berikan Resep Obat Mucolytic

    Ingus kucing yang kental dan lengket serta berbentuk seperti lem dapat menyebabkan kucing kesulitan bernafas lewat hidung. Dalam kasus ini, biasanya dokter hewan akan memberi resep obat mucolytic yang dapat juga digunakan untuk gejala calivirus pada kucing.

  4. Mengobati Gangguan Paru Paru

    Gangguan pernapasan pada kucing bisa juga disebabkan karena gangguan pada paru paru seperti asma, sehingga mengakibatkan udara sulit bergerak keluar masuk lewat paru paru kucing.

    Hal seperti ini serupa dengan penyakit bronkitis serta penyakit paru paru lainnya yang membuat saluran udara menjadi kaku dan terjadi penebalan dinding sehingga kucing akan kesulitan dalam bernafas.

    • Untuk asma: Biasanya akan dikasih resep corticosteroids dalam bentuk kapsul atau injeksi oral yakni obat anti inflamasi yang ampuh untuk mengurangi peradangan saluran pernafasan pada kucing.
    • Untuk bronkitis: Biasanya akan diberi steroid atau bronchodilator yakni obat yang dapat merangsang saluran udara yang tersumbat agar terbuka.
  5. Memberikan Antbiotik

    Kucing sesak dapat disebabkan oleh banyak hal seperti pneumonia atau infeksi paru paru pada kucing.

    Racun yang berasal dari bakteri dan virus dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru serta membuat paru-paru kucing menjadi tersumbat. Jika hal ini terjadi, maka pertukaran oksigen pada paru-paru kucing akan terhambat sehingga kucing kesulitan untuk bernafas.

    Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik intens untuk mengatasi sesak pada kucing, serta memberikan cara merawat kucing yang terinfeksi virus. Namun, jika kucing Anda sakit parah, tentunya perawatan dengan memberikan oksigen dan cairan infus sangat dibutuhkan.

  6. Esens Bunga

    Esens bunga juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan seperti asma dan bronkitis. Ini merupakan salah satu cara mengobati kucing yang ngos-ngosan tanpa harus ke dokter.

    Tujuan memberikan esens bunga pada kucing ialah untuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh pada kucing dan mengurangi stres yang berlebihan serta mempercepat proses penyembuhan.

  7. Memberikan Suplemen Vitamin C

    Anda bisa memberikan Suplemen Vitamin C pada kucing dengan dosis 250mg sampai 500mg dua kali sehari untuk meningkatkan sistem imun pada kucing, sekaligus untuk mengatasi tanda anemia pada kucing.

    Anda dapat membeli Vitamin C dalam bentuk gel atau kaplet. Namun, vitamin C gel sangat direkomendasikan karena lebih mudah diberikan pada kucing. Anda cukup mengoleskan gel pada area kaki kucing, otomatis kucing akan membersihkannya dengan cara dijilat. Atau anda juga bisa menambahkan dalam makanan kucing.

  8. Memberikan Cuka Apel

    Cuka apel juga sangat bagus diberikan pada kucing. Bukan hanya untuk mengatasi sesak pada kucing. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH tubuh pada kucing sehingga semua bakteri dan patogen penyebab sesak bisa disingkirkan. Caranya Anda cukup menambahkan setengah sendok teh cuka apel dalam makanan kucing sekali sehari.

  9. Menjaga Tubuh Kucing Tetap Hangat

    Menjaga suhu tubuh kucing tetap hangat juga penting dilakukan untuk mengatasi masalah pernapasan pada kucing yang disebabkan oleh flu, serta dapat mengatasi kucing mual dan muntah.

    Selain membuat ruangan kucing menjadi hangat dan nyaman, Anda juga bisa menambahkan bantal sebagai pemanas dan selimut untuk kucing anda.

  10. Pastikan Kucing Mendapatkan Cairan yang Cukup

    Untuk mengatasi kucing sesak akibat pilek, maka cara yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa kucing anda terhidrasi dengan baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

    • Anda harus memberikan air bersih pada kucing setiap hari.
    • Tambahkan jus tuna pada makanan kucing untuk menambah selera makan.
    • Bungkus bantal pemanas dalam selimut, lalu biarkan kucing anda meringkuk di dekat bantal tersebut.
    • Lakukan cara ini setiap hari sampai sesak pada kucing Anda terlihat membaik.
  11. Berikan Makanan Hangat

    Memberikan makanan hangat pada kucing yang sedang sakit juga sangat penting. Bukan cuma untuk menambah nafsu makan, tapi juga bisa melegakan saluran pernapasan pada kucing.

  12. Jemur Kucing

    Menjemur kucing pada pagi hari sekitar jam 8 sampai 9 selama 10 hingga 30 menit juga bisa mengatasi pada kucing serta menghilangkan kutu pada kucing. Cara ini sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab kucing sesak atau flu dan juga bersin-bersin.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit ulasan tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Pada Kucing. Semoga apa yang saya tulis hari ini bisa memberikan banyak manfaat buat Anda semua.

Jangan lupa terus berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan berita dan informasi lainnya dari kami. Semoga blog ini bisa memberikan inspirasi buat Anda semua.