Umpan Ikan Gabus Liar yang Susah Makan Paling Ampuh

Umpan Ikan Gabus
Memancing adalah merupakan salah satu hobi yang digemari banyak orang. Kegiatan mancing biasanya dilakukan pada saat mengisi waktu luang, terutama pada saat hari libur dan berakhir pekan.

Salah satu jenis ikan yang paling populer dan paling banyak diminati orang-orang adalah ikan gabus. Penyebabnya mungkin karena bentuknya yang panjang sehingga memilki sensasi tersendiri pada saat strike.

Namun, ada kalanya disaat memancing itu ikannya susah makan. Apakah karena ikannya yang tidak nafsu makan atau memang umpannya yang salah, sehingga ikannya jadi malas makan.

Tapi jangan khawatir, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Umpan ikan gabus yang susah makan. Karena saya tau sebagian besar orang yang mengujungi artikel ini adalah orang-orang yang sedang mencari tau umpan ikan gabus yang paling jitu.

Tapi sebelum saya memberikan racikan umpan ikan gabus liar, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu penyebab ikan gabus tidak mau memakan umpan.


Penyebab Ikan Gabus Tidak Mau Menyambar Umpan

  • Perubahan kondisi air, atau kondisi air tidak seperti biasanya.
  • Kondisi cuaca yang buruk. Hujan atau mendung (cahaya matahari tidak cukup)!
  • Spot atau tempat habis Dijala atau baru diobok-obok orang, ikan gabus diperkirakan stres.
  • Bukan jam makan ikan Gabus, biasanya jam makan efektif Gabus ialah pagi hari dan sore hari .
  • Banyaknya makanan Gabus seperti ikan kecil, sehingga Gabus jarang makan katak.
  • Spot yang dipenuhi ganggang air yg terlalu besar, sehingga ikan Gabus tidak melihat Umpan.
  • Air terlalu dalam, sebaiknya gunakan Softbait atau Minnow, karena lebih presisi terhadap air atau spot yang dalam!

Mata Pancing Ikan Gabus

Salah satu hal penting yang harus diperhatiakan saat mancing ikan gabus adalah pemilihan mata pancing dan benang yang digunakan apakah cukup kuat.

Pakailah mata pancing sesuai ukuran yang dibutuhkan. Seperti ukuran nomor 12, ukuran mata pancing tersebut sangat ideal saat digunakan untuk memancing ikan gabus.

Jangan lupa gunakan benang yang cukup tangguh, karena pada saat strike ikan gabus ukuran besar mampu menahan hentakan dari sang ikan.


Umpan Ikan Gabus Liar Alami Yang Paling Jitu

Berikut ini adalah racikan umpan buat ikan gabus alami yang mudah Anda temukan dirumah.

1. Cacing

Menjadikan cacing tanah sebagai umpan jitu untuk menangkap ikan gabus adalah cara yang terbaik. Selain mudah didapatkan, cacing juga memiliki bau amis yang menyengat sehingga ampuh untuk menarik ikan Gabus.

Kelebihan menggunakan cacing tanah sebagai umpan adalah karena tidak hanya dimakan oleh ikan gabus saja, namun ikan predator jenis lainnya juga bisa memakannya.

2. Belalang

Hewan yang sering kita jumpai dikebun dan dipersawahan ini sebenarnya juga bisa kita gunakan sebagai umpan gabus. Selain ampuh dijadikan umpan untuk mendapatkan ikan gabus. Belalang juga termasuk hewan yang sangat mudah untuk didapatkan.

Cara menggunakan belalang sebagai umpan ikan gabus ialah, Anda cukup mengaitkan mata kail pada belalang mulai dari ekornya.

3. Ikan Wader

Wader merupakan jenis ikan yang berukuran kecil, biasanya ikan wader banyak ditemui disungai. Ukurannya yang kecil sangat cocok jika dijadikan sebagai umpan ikan gabus. Usahakan ikan wader yang akan digunakan sebagai umpan harus masih hidup.

Cara menggunakan ikan wader sebagai umpan gabus ialah, cukup kaitkan mata kail kepunggung ikan.

Kenapa harus ikan wader yang masih hidup? karena ikan wader dapat berenang dan menarik perhatian ikan Gabus disekitarnya untuk dimangsa.

4. Jangkrik

Hewan yang memiliki suara nyaring ini ternyata bisa juga digunakan sebagai umpan untuk ikan Gabus lho. Karena pada dasarnya, Jangkrik memang merupakan salah satu jenis umpan yang biasa digunakan untuk memancing.

Untuk cara memancing ikan gabus dengan umpan jangkrik, Anda cukup mengaitkan ekor jangkrik pada mata kail pancing kalian.

5. Katak (Kecil)

Anda bisa menemukan katak yang biasanya banyak berkembang biak ditempat tertentu seperti sawah dan sungai. Katak biasa dijadikan sebagai umpan gabus pada saat malam hari.

Caranya anda cukup mengaitkan katak pada mata kail mulai dari belakang ekornya dengan posisi menggantung. Usahakan kataknya masih hidup, hal Ini bertujuan agar umpan dapat bergerak dan merarik perharian ikan gabus supaya lebih cepat datang untuk memangsa katak.

6. Ulat Daun Pisang

Ternata Ulat daun pisang pun bisa juga dijadikan sebagai umpan ikan gabus. Selain mudah untuk ditemukan, ulat daun juga dapat memikat ikan gabus untuk datang memangsanya.

Caranya, Anda cukup mengaitkan mata kail dari belakang ekornya, dan umpan pun sudah siap untuk digunakan.

7. Anak Ikan Mas

Pilih ikan yang sehat dan berwana cerah. Sebab ikan mas yang berwarna cerah sangat ampuh untuk untuk menggoda predator untuk memangsanya (termasuk ikan gabus).

Cara menggunakannya Anda cukup kaitkan mata kail ke tubuh ikan. Kaitkan ke bagian punggung dan pastikan ikan harus tetap hidup agar bisa berenang bebas.

7. Cara Membuat Umpan Ikan Gabus

Selain berbagai macam umpan alami diatas, kita juga bisa meracik umpan sendiri menggunakan bahan yang berbau amis, serta memiliki aroma yang bisa menarik perhatian ikan gabus. Jenis ikan predator gabus memiliki daya penciuman yang sangat tajam. Nah, berikut adalah racikan umpan tiruan untuk ikan gabus yang anda coba dirumah.

Bahan-bahan:

  • Tepung udang
  • Tepung ikan
  • Pelet jenis PF 100
  • Telur ayam kampung yang telah di rebus
  • Bawang putih
  • Daging ikan atau hewan lain
  • Madu
  • Air secukupnya

Cara membuat :
Hancurkan dan campurkan semua bahan di atas, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk sebuah adonan, aduk adonan hingga berbentuk kalis dan kenyal.

Cara menggunakannya sebagai umpan ialah, bentuk bulatan kecil dan sesuaikan dengan ukuran ikan gabus yang akan kalian pancing.


Jika anda tidak mau repot-repot untuk mencari atau umpannya, Anda bisa membeli umpan umpan casting ikan gabus atau umpan tiruan ikan gabus yang sudah banyak dijual disekitar Anda.


Harga Umpan Ikan Gabus

Berikut dibawah ini adalah daftar harga umpan tiruan, umpan buat, umpan casting ikan gabus yang wajib Anda coba.

1. Umpan Ikan Gabus Frog Topwater

Umpan tiruan yang pertama adalah umpan ikan gabus frog topwater. Umpan ini diperuntukkan untuk ikan gabus yang berenang di bagian permukaan air. Panjang produk ini mencapai 9 cm dan berat 6,2 gram.

Umpan casting ini bisa menarik perhatian ikan gabus dengan ukuran yang besar. Harga umpan yang satu ini sekitar Rp 15.000 per satuannya.

2. Umpan Ikan Gabus Soft Frog

Umpan tiruan ikan gabus soft frog memiliki ukuran yang cukup besar yaitu mencapai berat hingga 0,5 ons atau sekitar 50 gram.

Umpan ini memiliki tekstur yang lembut serta elastis. Bukan hanya itu, ada juga kelengkapan lain seperti mini spiner dan double hook no 1. Untuk harganya sendiri yaitu sekitar Rp 25.000.

3. Umpan Ikan Gabus Jump Frog Killer

Umpan tiruan selanjutnya adalah jenis umpan jump frog. Beratnya mencapai 25 gram. Untuk umpan yang sudah dilengkapi dengan propeler sehingga menimbulkan suara bising pada air dan menarik perhatian ikan gabus ini dihargai sekitar Rp 25.000 per satuannya.

Bukan hanya itu, umpan ini juga telah dilengkapi dengan rattle yang cukup keras, double hook yang kuat dan tajam, serta ditunjang dengan kawat penahan yang membuatnya akan sulit tersangkut saat di air.

4. Umpan Kodok/Frog Lure 77 Deb

Jenis umpan yang satu ini memiliki bentuk seperti panjang badan katak 5 cm. Beratnya tergolong ringan, hanya sekitar 13 gram saja. Biasanya warna yang tersedia untuk umpan casting ini adalah biru dan kuning.

Umpan ini mempunyai tekstur yang lunak dan lembut sehingga lebih mirip dengan katak yang asli. Saat menggunakan umpan ini, ikan gabus tidak akan mengira bahwa ini adalah sebuah umpan. Harga untuk umpan frog lure 77Deb ini adalah Rp 82.800/pcs.



Itulah diatas ulasan singkat tentang Umpan Ikan Gabus Liar yang Susah Makan Paling Ampuh. Semoga apa yang kami share hari dapat memberikan banyak manfaat dan inspirasi buat Anda semua.

Jangan lupa untuk bersyukur dan tetap semangan menjalani hidup. Selamat Mencoba.