Rahasia Umpan Ikan Lele Harian Paling Jitu dan Paling Ampuh

Umpan Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling sering di incar oleh para pemancing mania. Terlebih ikan ini mempunyai tekstur daging yang lembut. Walaupun dimasak dalam beragam aneka jenis masakan pasti bakal tetap enak dan lezat.

Ikan lele biasa kita temukan di danau, sungai, hingga rawa-rawa. Bahkan diselokan pun sering kita jumpai. Ikan lele mempunyai kemampuan beradaptasi yang sangat baik sehingga ikan ini bisa hidup di tempat kotor sekalipun.

Ikan lele adalah omnivora, jadi kita bisa membuat umpan ikan lele yang jitu dari berbagai bahan yang tersedia disekitar kita. Meski demikian umpan lele memang harus dipersiapkan dengan baik supaya kita mendapatkan banyak ikan pada saat memancing.

Bagi anda yang sedang mencari tau umpan ikan lele yang susah makan, sekarang anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini admin bakal memberikan Rahasia umpan ikan lele yang wajib anda coba terapkan nanti.

Umpan Ikan Lele Galatama untuk Jenis Babon

Berikut ini kami akan menyajikan beberapa resep umpan ikan lele galatama yang bisa Anda gunakan saat mengikuti event dan perlombaan. Resep dibawah ini diambil berdasarkan pengalaman dan juga hasil sharing para pemancing mania di internet.

Memancing ikan lele sebenarnya tidaklah sulit, karena pada dasarnya ikan ini termasuk pemakan segala jenis umpan. Namun jika meracik umpan dengan tepat, bukan tidak mungkin umpan yang digunakan akan lebih menarik perhatian ikan lele yang ada di kolam.

1. Umpan Ikan Lele Galatama Tipe 1

Bahan-bahan

  • 2 ons daging sapi giling
  • 1 sendok makan wijsman

Campurkan semua bahan diatas hingga merata. Lebih baik main gantung ketika suhu air mulai panas.

2. Umpan Jitu Ikan Lele Babon Tipe 2

Bahan-bahan:

  • 1 Genggam cacing sutera
  • 1/2 Sendok teh Vanili
  • 1 Butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh bubuk Garlic
  • 1 Pelet udang

Campurkan semua bahan diatas hingga merata.

3. Umpan Mancing Ikan Lele Galatama Tipe 3

Bahan-bahan:

  • Usus ayam satu genggam
  • 1 Butir telur Ayam
  • Keju Craft 1 Lembar
  • Indomie Blender

Kukus usus ayam hingga, kemudian blender. Setelah itu, Campurkan semua bahan jadi satu, lalu keraskan dengan Indomie blender

4. Umpan Ikan Lele Galatama Ampuh Tipe 4

Bahan-bahan:

  • Cacing tanah secukupnya
  • 1 butir kuning telur bebek

Campurkan cacing dan kuning telur bebek, aduk hingga merata. Kemuadian diamkan 2-3 jam agar aroma telur menempel.

5. Umpan Jitu Ikan Lele Babon Tipe 5

Bahan-bahan:

  • Jangkrik 1 ons
  • Cuka grandong (attractant)
  • Essen Probait

Bersihkan sungut dan kaki jangkrik. Kemudian Campurkan 60ml cuka dan 30 tetes Essen, Lalu Aduk hingga merata. Umpan siap untuk digunakan.



Umpan Ikan Lele Malam Hari Paling Jitu

Mungkin semuanya sudah tau bahwa ikan lele ini juga aktif di malam hari. Pada kondisi tersebut, ikan ini akan menjadi lebih rakus, rasa lapar yang kuat serta pergerakannya lebih agresif. Maka dari dibutuhkan juga cara membuat umpan lele jitu di malam hari

1.Cacing Sutera

Cacing yang biasa digunakan sebagai makanan untuk ikan Juvenile ini ternyata bisa dijadikan sebagai bahan umpan ikan lele lho. Anda Tidak perlu repot-repot mencari cacing sutra, Karena sekarang sudah banyak yang menjualnya secara online.

Cara penggunaannya Anda hanya perlu menyiapkan cacing sutera, Lalu bungkus dengan kain. Kemudian ikat dan posisikan pada mata pancing.

2. Jangkrik

Hewan yang banyak kita jumpai diperkebuanan ini ternyata bisa dijadikan sebagai umpan andalan ikan lele di malam hari. Caranya sangat mudah, Anda cukup menggunakan satu ekor saja, kemudian tekan perutnya supaya mengeluarkan aroma yang dapat menyebar di perairan. Sehingga ikan lele dapat menyambarnya.

3. Laron

Biasanya laron muncul saat hujan tiba. Hewan ini akan bermunculan mendekati cahaya. Sebagai umpan ikan lele master, Laron dapat digunakan saat malam hari. Sebaiknya gunakan laron yang masih hidup atau bersayap. Lalu ambil beberapa ekor dan kaitkan pada mata pancing.

4. Kijing atau Jenis Kerang Lainnya

Caranya cukup mudah, Anda tinggal merebus Kijing tersebut, kemudian ambil dagingnya. Lali potong-potong sesuai ukuran mata pancing Anda.

5. Kelomang

Gunakan bagian badan kelomang saja sebagai umpan ikan lele pada malam hari.

6. Kepiting Laut Atau Kepitig Sawah

Caranya hampir sama dengan kerang tadi, yaitu dengan merebusnya lalu mengambil bagian dagingnya. Kemudian potong-potong sesuai ukuran mata pancing.

7. Daging Sapi Giling

Anda dapat membelinya sebagai bahan umpan ikan lele. Anda dapat menambahkan satu sampai dua tetes Essen yang beraroma tenggiri atau kepiting setiap 100 gram dari daging sapi.

8. Daging Ayam

Utamakan untuk memilih bagian sayapnya saja. Kukus bagian tersebut lalu blender sampai lumat. Anda dapat menambahkan pelet 48 sebagai pengeras.

9. Cacing Tanah

Bukan cuma mudah ditemukan, ternyata hewan ini masih mantap untuk dijadikan umpan ikan lele di malam hari lho. Anda boleh menggunakan jenis cacing apapun. Untuk menggunakannya anda cukup menempatkan 2 sampai 3 ekor cacing sekaligus pada mata pancing.

10. Belut

Carilah belut yang seukuran jari. Selanjutnya kukus atau bakar. Kemudian iris tipis atau ambil dagingnya dengan ukuran sekitar 2 cm saja.



Umpan Ikan Lele Siang Hari Paling Jitu

Memancing ikan lele juga bisa dilakukan pada siang hari. Anda bisa memilih spot terbaik menurut anda, misalnya di sungai, kolam, bendungan, dan lain-lain. Meskipun ikan lele kebanyakan aktif pada malam hari, tapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa strike di siang hari. Yang terpenting adalah racikan umpan yang bagus dan mantap.

1. Umpan Cacing Sutra

Hewan yang tergabung dalam jenis cacing lembut ini bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat umpan ikan lele yang jitu dan ampuh.

Untuk membuat umpan lele yang pas di siang hari. Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 Butir telor Bebek
  • Pelet udang
  • Bubuk Garlic sdt
  • Cairan Vainili 0,5 sendok teh
  • Essen Aquatic 5 cc
  • Cacing sutra

Cara pembuatannya, anda cukup mencampurkan cacing sutra satu genggam dengan semua bahan diatas. Untuk penggunaan Essen dapat disesuaikan dengan kebutuhan, 5 sampai 10 cc dalam adonan.

Anda juga dapat menambahkan variasi bahan seperti serangga yang disukai lele. Misalnya Jangkrik, Laron dan lain-lain.

2. Umpan Daging Sapi

Metode selanjutnya yang digunakan untuk membuat umpan ikan lele pada siang hari adalah menggunakan campuran daging sapi. Untuk meraciknya, Jangan lupa siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Daging sapi (sudah digiling)
  • Essen Aquatic

Campur semua bahan diatas secara merata. Umpan jenis ini terlihat sederhana, akan tetapi pengaruhnya sangat besar untuk digunakan di siang hari. Bau amis yang dihasilkan daging sapi tersebut bisa membuat ikan lele berdatangan.



Umpan Ikan Lele Kolam

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa habitat ikan lele ini sangat bervariasi, ada yang liar seperti di sungai sampai yang yang dirawat di kolam atau empang.

Tentunya bagi orang yang suka memancing ikan lele tidak akan mau melewatkan sensasi strike di kolam. Misalnya seperti perlombaan dan event-event lainnya.

Mau tau resep umpan lele supaya Anda bisa strike yang banyak? Berikut ini kami buatkan sebuah racikan umpan ikan lele yang cocok untuk di kolam.

1. Umpan Keong

Buat yang rumahnya berada di daerah persawahan, tentu tidak sulit untuk mencari hewan ini. Sebagian besar petani menyebutnya sebagai hama. Untuk seorang pemancing ikan lele, Keong bisa dijadikan sebagai umpan lele yang mujarab.

2. Umpan Jangkrik

Hewan yang memiliki suara khas dan nyaring ini termasuk kedalam salah satu umpan untuk ikan lele yang mantap.

Daya tahan tubuh yang kuat dari jangkrik menimbulkan adanya gerakan secara terus menerus pada perairan. Hal tersebut dapat menggoda ikan lele untuk memangsanya.

Cara penggunaannya untuk umpan lele di siang hari, Anda cukup mengaitkan dengan mata pancing dari bagian ekor jangkrik. Supaya nantinya akan terus bergerak-gerak di perairan.

3. Umpan Usus Ayam

Usus ayam termasuk sebagai salah satu umpan jitu untuk mancing ikan lele di kolam. Aroma yang dihasilkan sangat amis sehingga merangsang ikan lele untuk menyambarnya.

Anda cukup membeli usus ayam yang dijual dipasar, Kemudian pemakaiannya Anda tinggal potong-potong sesuai ukuran mata pancing.



Umpan Ikan Lele Sungai

Sekarang kita melangkah kebagian meracik umpan ikan lele yang cocok untuk disungai. Biasanya jenis ikan yang ada di sungai terbilang liar. Maka dari itu kami akan memberikan bagaimana cara membuat umpan ikan lele liar sungai yang bisa Anda aplikasikan dirumah.

1. Cacing Tanah

Hewan ini tentunya sudah menjadi resep yang sangat umum bagi kalangan para pemancing mania. Namun perlu diketahui, untuk menjadikan cacing sebagai umpan mancing disungai, sebaiknya Anda menggunakan jenis cacing tanah kalung. Tidak hanya tahan lama dan kuat, ukuran panjang dan besar dari binatang ini sangat cocok untuk dijadikan umpan lele.

2. Umpan Cicak

Hewan yang sering hinggap dirumah ini ternyata bisa dijadikan sebagai umpan ikan lele Loh. Cicak merupakan salah satu santapan yang disukai oleh ikan lele.

Cara mengolahnya cukup mudah, Anda tinggal membakarnya hingga tercium aroma dari cicak tersebut. Kemudian kaitkan pada kail pancing.

3. Umpan Katak Sawah

Bukan cuma dikolam. Katak sawah juga bisa digunakan umpan untuk ikan lele yang ada di sungai. Biasanya orang pedesaan akan berburu katak terlebih dahulu sebelum memancing.

Harap diperhatikan, Sebaiknya gunakan katak sawah yang berukuran kecil atau seukuran jari jempol orang dewasa supaya gampang untuk dimakan si lele. Banyak para pemancing yang menggunakan jenis umpan ini untuk mendapatkan ikan lele galatama.



Umpan Ikan Lele Alami Paling Jitu dan Ampuh

Ikan lele tergolong dalam ikan air tawar yang rakus dan pemakan segala, pada habitat aslinya ikan ini biasa memakan berbagai jenis tumbuhan dan hewan kecil, bahkan ikan lele juga suka memangsa jenis ikan lain (Omnivora). Jadi kita dapat membuat umpan mancing ikan lele dengan hewan-hewan kecil alami berikut ini:

  1. Cacing
  2. Laron
  3. Ulat daun pisang
  4. Ikan Kecil
  5. Belalang
  6. Ikan teri
  7. Jangkrik (tekan bagian perutnya supaya aromanya keluar)
  8. Udang (buang kepala dan ekornya)
  9. Belut (bakar atau goreng, lalu potong kecil-kecil)
  10. Keong mas, Bekicot atau kerang jenis lainnya.


Nah itulah diatas Rahasia Umpan Ikan Lele Harian yang Paling Jitu dan Paling Ampuh, semoga bisa menjadi referensi buat sobat-sobat semua. Jangan lupa share artikel ini jika menurut sobat bermanfaat.