13 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami Yang Efektif

cara ampuh membasmi jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa percaya diri yang lebih rendah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit ke dokter medis.

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling menyebalkan. Jika ada penghargaan untuk kategori masalah kulit yang paling mengganggu, maka jerawat dapat menjadi juaranya. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat secara alami yang sudah terbukti dan mudah diterapkan.

Berbagai bahan, mulai dari putih telur, bawang putih, madu, sampai lidah buaya, kita dapat memanfaatkan bahan tersebut untuk menjaga kulit supaya tetap sehat dan bebas dari jerawat. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat ternyata juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Jerawat sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat prosesnya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba.


Cara Cepat Mengatasi Jerawat Dalam Waktu Singkat

Beberapa tips untuk menyingkirkan jerawat secara alami di bawah ini, dipercaya efektif untuk membuat kulit sehat dan bebas jerawat.

Tapi perlu diingat, tidak banyak penelitian yang dapat mengkonfirmasi manfaat dari bahan-bahan di bawah ini. Jadi, meskipun cara ini alami, kita tetap harus perlu berhati-hati dalam menjalankannya.



1. Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung beberapa jenis asam organik yang diyakini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Untuk menggunakan cuka sari apel sebagai penghilang jerawat, berikut adalah langkah-langkah.
  • Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 3 sendok makan air.
  • Bersihkan wajah, lalu oleskan campuran cuka sari apel pada kulit menggunakan kain atau kapas.
  • Diamkan selama 10-30 detik. Setelah itu, bilas wajah, lalu keringkan.
  • Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal
Jika kulit Anda sensitif, anda bisa mencampurkan cuka apel dengan lebih banyak air. Harap dicatat, cuka sari apel bisa menyebabkan iritasi pada beberapa orang, jadi jangan digunakan secara berlebihan.


2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel lidah buaya dapat membantu meringankan peradangan pada kulit yang muncul akibat dari jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur. Bahan ini sering digunakan untuk membasmi jerawat pada kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:

  • Mengikis gel lidah buaya langsung dengan sendok
  • Aplikasikan ke wajah sebagai pelembab
  • Ulangi 1-2 kali sehari
  • Jika iritasi, gatal atau kemerahan, Anda harus berhenti menggunakan.


3. Kayu Manis

Kayu manis kaya akan antioksidan dan mengandung bahan anti-bakteri, serta dapat membantu meringankan peradangan jerawat.

Campurkan kayu manis dengan madu, untuk membuat masker yang dapat meredakan jerawat, berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan 2 sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis bubuk.
  • Campurkan, lalu aduk hingga hasilnya berbentuk menyerupai pasta.
  • Setelah itu, Oleskan pasta pada kulit menggunakan kain atau kapas yang bersih.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Kemudian bersihkan wajah dan keringkan.


4. Madu

Madu mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran wajah dan mencegah pori-pori tersumbat.

Selain itu, madu juga bersifat antibakteri, serta mengandung bahan-bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.

Untuk penggunaannya, Anda cukup mengoleskan madu ke bagian kulit yang terserang jerawat. Lakukan cara ini secara teratur agar terasa manfaatnya.



5. Es Batu

Es batu dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, Anda cukup membungkus es dengan kain bersih, Lalu tempelkan pada kulit yang terdapat jerawat selama kurang lebih satu menit. Cara ini bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.



6. Putih telur

Putih telur tidak hanya dapat membantu mengurangi peradangan jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit, serta mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Untuk menggunakan putih telur sebagai masker jerawat, Anda hanya perlu mengoleskan putih telur ke area kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.



7. Bawang putih

Bawang putih dipercaya bisa meredakan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan bakteri.

Anda bisa mengonsumsi lebih banyak bawang putih untuk asupan harian, agar memperoleh manfaatnya.

Sebaiknya tidak menerapkan bawang putih langsung pada kulit yang berjerawat karena dapat menyebabkan iritasi.



8. Perasan Air Jeruk Nipis

Lemon mengandung asam askorbat yang terbukti dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit. Selain itu, buah lemon juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit.

Caranya: Peras 1 buah lemon, Kemudian oleskan secara langsung pada wajah yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit, lalu bilas dengan air jernih.



9. Mentimun

Selain mampu menangani mata bengkak, ketimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan jerawat dan memberikan efek dingin pada kulit.


10. Buah Pepaya

Enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan jerawat wajah. Anda dapat menggunakan buah ini sebagai masker alami untuk membunuh jerawat.



11. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diandalkan bisa menjadi metode yang tepat untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya, memungkinkan minyak menghancurkan kuman penyebab jerawat, dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada kulit akibat jerawat.
Anda bisa memakai virgin coconut oil untuk dioleskan pada kulit yang berjerawat.



12. Kulit Jeruk

Selain mengatasi jerawat, kulit jeruk rupanya juga bisa memperindah penampilan kulit secara menyeluruh.
Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang bagus untuk regenerasi sel kulit.

Untuk mengaplikasikannya, parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air sampai berbentuk seperti pasta. Sesudah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.



13. Buah Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam buah tomat juga bisa menghilangkan jerawat secara Alami.

Caranya, ambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi 2 komponen. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 - 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.



Beragam metode cara menghilangkan jerawat secara alami di atas, perlu dijalankan dengan berhati-hati. Jangan sembarang menerapkan bahan yang akan dioleskan ke kulit. Ada bagusnya anda mengetes lebih dulu respon alergi, sebelum mengaplikasikan bahan natural.

Metode sistem di atas hanyalah opsi perawatan dari dokter kulit. Sebaiknya, Konsultasi lebih dulu ke dokter, untuk benar-benar mengenal situasi jerawat yang timbul di kulit.