10 Cara Ampuh dan Cepat Mengusir Lalat Dalam Rumah Secara Alami

Cara Membasmi Lalat Secara Alami

Lalat merupakan salah satu hewan yang sering kali dibasmi oleh banyak orang. Selain kotor dan menjijikan, lalat juga merupakan salah satu binatang yang sangat menggangu dan berpotensi menyebarkan banyak penyakit.

Sebuah peneliti di Penn State Eberly College of Science, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa lalat yang sering hinggap di rumah bisa membawa bakteri dan kuman seperti e-coli, salmonella serta bakteri yang bisa menimbulkan penyakit lambung, seperti maag dan keracunan pada darah.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lalat. Beberapa cara yang sudah kami rangkum berikut ini bisa Anda coba dan praktekkan dirumah.

10 Tips dan Cara Mengusir Lalat Dalam Rumah Menggunakan Bahan Alami yang Terbukti Efektif

Meski tidak berbahaya secara langsung, namun kehadiran lalat di dalam rumah terlihat sangat jorok dan beresiko besar menyebarkan penyakit. Lalat bisa menularkan berbagai macam penyakit melalui makanan, minuman, tempat sampah dan tempat-tempat jorok lainnya.

Bagi Anda yang ingin melenyapkan hewan yang menyebalkan ini dari rumah anda. Berikut ini kami sudah merangkum berbagai cara mengusir lalat di rumah paling ampuh dan cepat menggunakan bahan alami.


1. Cara Mengusir Lalat Menggunakan Daun Pandan

Selain digunakan sebagai bumbu dapur atau bahan masakan. Ternyata daun pandan juga sangat ampuh digunakan untuk membasmi lalat, lho!

Aromanya wangi yang dihasilkan oleh daun pandan ternyata tidak di sukai lalat.

Untuk mengusir lalat dengan daun pandan, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun pandan, kemudian potong dan letakkan ke dalam sebuah wadah.

Setelah itu, letakkan wadah yang sudah berisi irisan atau potongan daun pandan di tempat yang sering di hinggapi lalat.


2. Cara Menggunakan Cengkeh Untuk Mengusir Lalat

Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai rempah-rempah makanan dan juga sebagai obat-obatan. Tanaman ini memiliki oroma yang khas dan cukup tajam.

Nah, tahukah kamu? Ternyata lalat tidak suka dengan aroma wangi dari tanaman yang satu ini. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan untuk mengusir lalat di rumah secara alami.

Untuk mengusir lalat menggunakan cengkeh, caranya cukup mudah dan sederhanana. Kamu hanya perlu merendam biji cengkeh secukupnya dalam semangkuk air.

Setelah itu, letakkan mangkuk rendaman cengkeh tersebut pada tempat yang disukai banyak lalat.


3. Cara Mengusir Lalat Menggunakan Garam

Garam juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir lalat lho.

Untuk mengusir lalat menggunakan menggunakan garam, kamu cukup menaburkan garam di area sekitar yang sering ditempati lalat. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan garam dengan kunyit bubuk secukupnya.


4. Cara Mengusir Lalat Menggunakan Cuka Apel

Jika kamu memilih untuk memakai bahan yang satu ini, kamu hanya perlu menyiapkan cuka apel secukupnya, serta gelas yang berukuran panjang atau sebuah botol.

Tidak perlu mengisi gelas dengan cuka apel terlalu penuh, sekiranya setengah botol saja sudah cukup. Jangan lupa campurkan beberapa tetes dengan cairan pencuci piring agar semakin ampuh.

Selanjutnya tutup gelas atau botol tersebut menggunakan kantong plastik polos, lalu berikan lubang kecil diatasnya.

Setelah langkah diatas sudah diterapkan. Sekarang kamu hanya perlu menyimpan gelas atau botol tersebut ditempat yang sering dihinggapi lalat.

Lalat akan masuk dengan sendirinya ke dalam botol setelah mencium aroma dari cuka apel tersebut. Setelah masuk, lalatnya bakal terperangkap dan tidak akan bisa keluar karena lubang botol yang sempit.


5. Menggunakan Lilin Sereh Untuk Mengusir Lalat

Seperti yang kita ketahui, tanaman sereh memiliki aroma khas yang cukup tajam. Aroma khas dari sereh dikenal sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Namun, tahukah kamu? ternyata aroma tajam yang ada pada sereh pun tidak disukai lalat. Lho.!

Untuk mengusir lalat, kamu hanya perlu menggunakan sebuah lilin aromaterapi yang beraroma sereh. Lilin yang sudah dinyalakan bisa Anda letakkan di beberapa tempat yang sering dihinggapi lalat.


6. Cara Mengusir Lalat dengan Daun Kemangi

Pada dasarnya tanaman atau tumbuhan yang berbau tajam itu tidak disukai lalat. Dan kemangi merupakan salah satu tumbuhan yang beraroma tajam. Kandungan antibakteri dan antivirus yang ada pada kemangi dapat menciptakan lingkungan yang sehat.

Cara menggunakan kemangi sebagai bahan untuk mengusir lalat yaitu dengan meletakan beberapa lembar daun kemangi pada tempat atau area yang sering didatangi lalat. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi atau bahkan mengusir lalat di rumah.


7. Perpaduan Antara Jeruk Lemon dan Cengkih Ampuh Mengusir Lalat

Jeruk lemon dan cengkeh ternyata bisa juga digunakan untuk membasmi lalat yang ada di rumah. Aroma harum dan tajam yang dimiliki oleh kedua tanaman ini juga tidak disukai lalat.

Cara mengusir lalat menggunakan Jeruk dan cengkeh adalah Anda cukup meletakkan cengkih yang sudah dikeringkan di atas irisan jeruk lemon di area yang dikerumuni lalat. Perpaduan aroma antara irisan jeruk nipis dan cengkih terbukti bisa menyingkirkan lalat dari rumah Anda.


8. Usir Lalat Menggunakan Kantong Plastik Yang Berisi Air

Bagi sebagian orang, mengusir lalat dengan menggunakan kantong plastik yang diisi air mungkin jarang diterapkan.

Lalat memiliki 3000-6000 mata di setiap bulatan matanya, hal tersebut membuat lalat bisa mendeteksi gerakan cahaya. Dengan menggantung kantong plastik yang berisi air, lalat pun kemungkinan bisa menjadi bingung sebab, kantong plastik tersebut akan memantulkan cahaya di setiap tempat. Usahakan meletakkan gantungan kantong plastik ditempat yang terang atau bercahaya.


9. Cara Mengusir Lalat Dengan Bunga Lavender
Secara umum, bunga lavender memang dikenal sebagai bahan untuk mengusir nyamuk, tapi ternyata bunga ini juga bisa digunakan untuk membasmi lalat, lho.

Selain mengusir lalat dan nyamuk, bunga lavender juga bisa dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan rumah.

Karena disini kita akan membahas bagaimana caranya mengusir lalat menggunakan bunga lavender, silahkan simak caranya berikut ini.

Anda cukup menyiapkan beberapa bagian tangkai bunga lavender di dalam ruangan, terutama dibagian sudut rumah yang sering dihinggapi lalat. Tak butuh waktu lama, lalat yang menjelkan tersebut akan pergi dengan sendirinya dan rumah Anda sudah terbebas dari lalat.


10. Cara Mengusir Lalat dengan Buah Timun
Percaya atau tidak. Ternyata potongan timun bisa juga digunakan untuk menyingkirkan lalat. Lho. Sebab, lalat tidak suka dengan mentimun.

Tentu saja hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengusir lalat. Caranya, Anda cukup menempatkan beberapa irisan mentimun di tempat yang sering banyak lalatnya.



Akhir Kata
Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengusir lalat yang bisa Anda coba dirumah. Semoga dengan mempraktekkan salah satu cara diatas bisa membuat lala-lalat yang ada dirumah Anda pergi dan tidak kembalu lagi.

Semoga apa yang kami bagikan diatas bisa memberikan banyak manfaat buat Anda semua. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang pantas. Tetap semangat dan Selamat mencoba.